Analisis SWOT
Selamat datang di
Blog saya,kali ini saya akan sharing materi tentang “Analisis SWOT”.
Langsung saja kita
simak,Let's go.
Analisis SWOT
SWOT analisis (alternatif matriks SWOT) adalah akronim untuk kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dan terstruktur perencanaan metode yang mengevaluasi empat elemen dari proyek atau bisnis usaha. Sebuah analisis SWOT dapat dilakukan untuk sebuah perusahaan, produk, tempat, industri, atau orang. Ini melibatkan menentukan tujuan dari usaha bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menguntungkan dan tidak menguntungkan untuk mencapai tujuan itu. Beberapa penulis kredit SWOT untuk Albert Humphrey , yang memimpin sebuah konvensi di Stanford Research Institute (sekarang SRI International ) pada tahun 1960 dan 1970-an dengan menggunakan data dari Fortune 500 perusahaan. Namun, Humphrey sendiri tidak mengklaim penciptaan SWOT, dan asal-usul tetap tidak jelas. Sejauh mana lingkungan internal perusahaan sesuai dengan lingkungan eksternal dinyatakan oleh konsep cocok strategis .
>Kekuatan: karakteristik bisnis atau proyek yang memberikan keuntungan lebih dari orang lain
>Kelemahan: karakteristik yang menempatkan bisnis atau proyek pada kerugian relatif terhadap orang lain
>Peluang: elemen dalam lingkungan yang bisnis atau proyek bisa memanfaatkan untuk keuntungan
>Ancaman: elemen dalam lingkungan yang dapat menyebabkan kesulitan untuk bisnis atau proyek
Identifikasi SWOTs penting karena mereka dapat menginformasikan langkah-langkah selanjutnya dalam perencanaan untuk mencapai tujuan. Pertama, pengambil keputusan harus mempertimbangkan apakah tujuan dapat dicapai, mengingat SWOTs. Jika tujuannya adalah tidak dicapai, mereka harus memilih tujuan yang berbeda dan ulangi proses.
Pengguna analisis SWOT harus bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menghasilkan informasi yang berarti untuk setiap kategori (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) untuk membuat analisis yang berguna dan menemukan keunggulan kompetitif mereka.
Faktor Internal dan Eksternal
Analisis SWOT bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal kunci dilihat sebagai penting untuk mencapai tujuan. Kelompok analisis SWOT informasi kunci ke dalam dua kategori utama:
Faktor internal - kekuatan dan kelemahan internal organisasi
Faktor eksternal - peluang dan ancaman yang disajikan oleh lingkungan eksternal organisasi
Analisis dapat melihat faktor internal kekuatan atau kelemahan tergantung pada efeknya pada tujuan organisasi. Apa yang mungkin mewakili kekuatan sehubungan dengan satu tujuan mungkin kelemahan (gangguan, persaingan) untuk tujuan lain. Faktor-faktor mungkin termasuk semua 4P serta personil , keuangan , manufaktur kemampuan, dan sebagainya.
Faktor eksternal dapat mencakup ekonomi makro hal, perubahan teknologi , peraturan , dan perubahan sosial budaya, serta perubahan di pasar atau di posisi kompetitif. Hasilnya sering disajikan dalam bentuk matriks .
Analisis SWOT adalah salah satu metode kategorisasi dan memiliki kelemahan sendiri. Sebagai contoh, mungkin cenderung untuk membujuk pengguna untuk menyusun daftar ketimbang memikirkan faktor penting yang sebenarnya dalam mencapai tujuan. Ini juga menyajikan daftar yang dihasilkan tidak kritis dan tanpa prioritas yang jelas sehingga, misalnya, peluang lemah mungkin muncul untuk menyeimbangkan ancaman kuat.
Adalah bijaksana untuk tidak menghilangkan calon SWOT entri terlalu cepat. Pentingnya SWOTs individu akan diungkapkan oleh nilai strategi yang mereka hasilkan. Sebuah item SWOT yang menghasilkan strategi berharga adalah penting. Sebuah item SWOT yang tidak menghasilkan strategi yang tidak penting.
Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/SWOT_analysis
Saya hebat karena
belajar, saya tahu karena membaca, saya mahir karena praktik ( try
and error ). Trust me, Knowledge Is King.
Sekian materi yang
bisa saya sampaikan,semoga bermanfaat.
Terima
Kasih
Telah
Berkunjung
Komentar
Posting Komentar